Jerome
Bruner lahir pada 1 oktober 1915, ia adalah salah satu yang terkenal dan
berpengaruh psikolog terbaik abad kedua puluh. Bruner yang memiliki nama
lengkap Jerome S.Bruner seorang ahli psikologi (1915) dari Universitas Harvard,
Amerika Serikat, telah mempelopori aliran psikologi kognitif yang memberi
dorongan agar pendidikan memberikan perhatian pada pentingnya pengembangan
berfikir. Dia adalah salah satu tokoh kunci dalam yang disebut revolusi
kognitifisme, eksistensinya bidang pendidikan yang telah memiliki pengaruh
besar dalam proses pembelajaran.
Jerome S.Bruner (1966) adalah seorang
ahli psikologi belajar kognitif. Yang mengakui belajar adalah untuk
mempertahankan dan mentransformasikan informasi secara aktif. Sebagai tokoh
kognitivisme belajar bukanlah hanya pembentukan tingkah laku, tetapi merupakan
fungsi pengalaman-pengalaman perceptual dan proses kognitif yang mencakup
ingatan, retensi, lupa, pengolahan informasi, dan sebagainya. Dari pernyataan
di atas disimpulkan bahwa belajar merupakan suatu kegiatan di sengaja yang
bertujuan mencapai suatu kecakapan, kepandaian atau kemahiran baru yang dapat
digunakan dalam kehidupan, tidak seorang pun membantah bahwa sepanjang hidupnya
manusia tidak akan pernah berhenti belajar, setiap menghadapi situasi baru, ia
selalu mempelajarinya “agar dapat bereaksi secara baik” terhadap kondisi yang
sedang di hadapinya.