Agar
tujuan pengajaran tercapai sesuai dengan yang telah dirumuskan oleh pendidik,
maka sebagai seorang pendidik perlu mengetahui, mempelajari beberapa model
mengajar, serta dipraktekkan pada saat mengajar. Penggunaan model pembelajaran
yang tepat, merupakan suatu alternatif mengatasi masalah rendahnya daya serap
siswa terhadap pelajaran. Penerapan suatu model pembelajaran harus ditinjau
dari segi keefektifan, keefisienan, dan kecocokannya dengan karakteristik
materi pelajaran serta keadaan siswa yang meliputi :
·
Kemampuan,
·
Kecepatan belajar,
·
Minat atau niat,
·
Waktu yang dimiliki, dan
·
Keadaan sosial ekonomi siswa
Model
pembelajaran adalah pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran atau prosedur
yang sistematisdalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan
belajar sesuai yang diharapkan. Ada beberapa ciri model pembelajaran secara
khusus diantaranya:
·
Rasional teoritik yang logis yang
disusun oleh para pencipta atau pengembangnya,
·
Landasan pemikiran tentang apa dan bagaimana
siswa belajar,
·
Tinglah laku mengajar yang diperlukan
agar model tersebut dapat dilaksanakan dengan baik, dan
·
Lingkungan belajar yang diperlukan agar
tujuan pembelajaran dapat tercapai.